Senin, 08 November 2010

Pemasaran dan Penjualan

PENDAHULUAN



Latar Belakang

Materi yang akan dibahas dalam makalah ini tentang perbedaan antara pemasaran dengan penjualan. Pembahasan materi merupakan kelanjutan dari makalah yang telah dibuat pada tugas pertama dan makalah ini merupakan tugas kedua dari pelajaran dasar pemasaran.


Tujuan

Tujuan dari pembahasan materi ini adalah untuk membedakan antara pemasaran dengan penjualan, karena antara pemasaran dengan penjualan memiliki beberapa perbedaan.




ISI


Perbedaan pemasaran dengan penjualan



A. Pemasaran

Pemasaran merupakan bagian yang penting berhubungan dengan pasar, karena pasar yang ada sekarang merupakan pasar pembeli dimana terjadinya transaksi jual beli tergantung pada keputusan pembeli sendiri. Dengan demikian kalau kita mendengar kata “pemasaran” berarti kita harus menghubungkan berbagai kegiatan perusahaan seperti penjualan, perdagangan, distribusi dan sebagainya.karena hal inilah fungsi pemasaran sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan perusahaan.
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Pemasaran bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli baik pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial dan diperlukan untuk menempatkan barang-barang berujud kepada konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Pemasaran sering diartikan dengan penjualan, sebenarnya pengertian pemasaran lebih luas dari kegiatan penjualan. Bahkan sebenarnya penjualan adalah sebagian dari kegiatan pemasaran.



B. Penjualan

Penjualan adalah salah satu dari kegiatan pokok pemasaran yang paling pokok, dikarena penjualan mempengaruhi naik turunnya pendapatan perusahaan, sedangkan mati hidupnya perusahaan tergantung kepada pencapaian target penjualan yang diharapkan dapat menambah pemasukan pendapatan perusahaan. Cara apapun akan dilakukan agar penjualan produksi perusahaan dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.
Penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan, karena dari penjualan dapat diperoleh laba serta suatu usaha menikmati konsumen yang diusahakan untuk mengetahui daya tarik mereka sehingga dapat mengetahui hasil produk yang dihasilkan.



KESIMPULAN


Dapat disimpulkan dari penjelasan di atas bahwa pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan – kegiatan yang saling berhubungan dan penjualan adalah sebagian dari kegiatan pemasaran yang paling pokok.




DAFTAR PUSTAKA


Widyatmini, 1996, Pengantar Bisnis, Jakarta.

Budiarto, Teguh, 1993, Dasar Pemasaran, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer