Senin, 08 November 2010

Novell dan Linux

NOVELL

Sejarah Sistem Operasi Novell

Sistem operasi Novell adalah system operasi yang berpaket pada jaringan. Networking Operating System (NOS). Sebelum Microsoft mempelajari jaringan dan internet perusahaan membagi sumber daya untuk berkas dan printer berdasarkan system operasi Novell Netware dan protocol yang berkaitan. Novell Netware yang sudah merajai jaringan komputer sejak tahun delapan puluhan, mempunyai konsep menambah sistem yang ada (single user) menjadi suatu jaringan komputer, jadi istilah Network Operating System (NOS) memang betul-betul menunjukan bahwa Novell sangat serius dalam hal pengubahan PC yang tadinya hanya jalan sendiri, menjadi PC yang bisa disambung sampai tidak terbatas.

Perkembangan Novell

Perkembangan Novell dengan Xerox Network Specification (XNS) yaitu standar yang menjelaskan mengenai seperangkat protocol yang didesain untuk internetworking terutama kegunaan lokal. Ada 2 protokol jaringan yang terlibat yaitu Internet Datagram Protocol (IDP), yang menyediakan pengiriman datagram yang tidak terjamin dan tanpa koneksi dari satu host ke host lain dan Sequenced Packet Protocol (SPP), yang merupakan modifikasi dari IDP yang berbasiskan dan lebih terjamin. Datagram pada jaringan XNS diberikan alamat secara individual. Skemanya menggunakan kombinasi dari 4 byte alamat jaringan IDP dan 6 byte alamat node (alamat dari kartu jaringan). Dalam perkembanganya Novell menciptakan sedikit perubahan ke IDP dan SPP, dan menamakanya Paket Pertukaran di Internet atau Internet Packet Exchange (IPX) dan Pertukaran Paket yang Berurut Sequenced Packet Exchange (SPX).

Ciri-ciri novell :

>Berstruktur jaringan, yaitu system operasinya cenderung pada jaringan memakai XNS. >Mengunakan IP Protokol IPX, yaitu yang berguna untuk merouting datagram IPX.

Kelebihan :

>Protokol jaringan SPP bermodifikasi dari IDP yang berbasiskan koneksi dan lebih terjamin.
>Network Operating System (NOS) sangat serius dalam hal pengubahan PC yang tadinya hanya jalan sendiri, menjadi PC yang bisa disambung sampai tidak terbatas.
>Novell Directory Services (NDS) yang sangat mudah dikembangkan, terutama untuk penambahan atribut baru dari setiap data.

Kekurangan :

>Protokol jaringan IDP menyediakan pengiriman datagram yang tidak terjamin dan tanpa koneksi dari satu host ke host.
>Masih perlu membeli Microsoft Windows NT untuk menjalankan jaringan computer yang sedang dibuat atau akan dibuat, kecuali jika sistemnya masih menggunakan DOS.
>Dalam pengembangan aplikasinya, pemakai Novell Netware masih harus banyak bereksperimen untuk memasangnya secara baik.

LINUX

Linux adalah sebuah pengembangan dari sistem operasi unix. Dan nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, yaitu seorang mahasiswa Finlandia yang bernama LINUS TORVALDS dengan bantuan dari pengembang di seluruh dunia. Dikembangkan di bawah GNU (General Public License), kode sumber untuk Linux tersedia secara bebas untuk semua orang. Ada banyak Varian dari Linux yang di kembangkan di seluruh dunia sebagai Sistem Operasi yang Free dan Open Source yang sering di kenal dengan Istilah FOSS (Free/Open Source Software). Foss adalah Konsep berbagi , merdeka, dan terbuka.
Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering disebut Distro). Distro adalah bundel dari kernel Linux, beserta sistem dasar linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro.

Kelebihan :
  1. Linux Free.
  2. Tidak perlu defragment.
  3. Linux lebih aman karena Linux memiliki filosofi menjalankan proses pada tingkat terendah yang diperlukan akses.
  4. Linux Operating System dapat menjalankan distribusi yang sama persis pada sistem 32-byet, dan sistem 64-byet.
  5. Linux dapat membaca dengan baik lebih dari seratus berbagai jenis file system.
  6. Linux dapat dijalankan dari CD tanpa harus mempengaruhi apa yang sudah di hard disk dari komputer.
  7. Linux adalah salah satu sistem operasi yang dapat multitasking, multi-user, dan juga mendukung multicosole. Multitasking sendiri adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan. Multi-user, yaitu sistem operasi yang pada saat bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari satu user yang masuk ke dalam sistem. Multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan memungkinkan lebih satu user masuk ke dakam sistem.
Kekurangan :

1. Terlalu banyak pilihan Distro.
Para pengguna linux terutama yang baru atau yang ingin berimigrasi ke linux mengalami kesulitan dalam memilih distro yang cocok untuk keperluaannya.
2. Minimnya dukungan teknis resmi.
linux dibuat oleh komunitas. Hal ini menyebabkan dapat terjadinya perubahan pada linux itu sendiri sehingga dukungan teknis resmi untuk linux rendah dibandingkan dengan windows yang sudah jelas secara teknis.
3. Banyaknya istilah teknis.
Kebanyakan pengguna linux adalah administrator jaringan atau orang-orang yang suka mengotak-atik linux, sehingga dapat dikatakan linux memiliki banyak istilah-istilah teknikal yang bagi para pengguna komputer pada umumnya terkesan rumit.
4. Minimalnya aplikasi Killer.
Sedikti sekali sofware dilinux yang sejajar kemampunanya dengan aplikasi sejenis di windows, sebenarnya linux mempunyai begitu banyak aplikasi (silahkan cek freshmeat.net atau sf.net) namun umumnya software yang dirilis masih berupa alpha atau beta, RC, intinya bukan untuk keperluan produktif. Sebagian dari software free dilinux lebih banyak diisi oleh software untuk server dan pengembanga software.

Daftar Pusaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer