Selasa, 10 Mei 2011

Laboratorium Internet Dasar

LAB INTERNET DASAR

Universitas Gunadarma merupakan sebuah Universitas yang mengutamakan Teknik Informatika dalam perkuliahannya. Lab Internet Dasar merupakan salah satu dari fasilitas yang ada di Unversitas Gunadarma yang ditujukan kepada mahasiswa di setiap fakultas dan jurusanya.

Lab Internet Dasar terletak di salah satu kampus yang berada di Margonda Raya Depok, yaitu kampus D gedung 3 lantai 2. Lab ini diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat 1 untuk menunjang kemampuan di bidang IT terutama mengenai pengetahuan internet secara mendetail.

Lab Internet Dasar adalah sebuah laboratorium yang ditujukan kepada mahasiswa untuk membahas internet secara mendalam atau mempelajari secara detail apa saja yang berhubungan dengan internet dan mendapatkan informasi secara efisien dan efektif. Pengajar dari lab internet dasar ini yaitu mahasiswa yang sudah paham dan mengerti betul mengenai teknik informatika yang masih aktif di perkuliahan minimal di tingkat 3 atau semester 5. Sistem pembelajaran yang ada di Lab internet dasar ini yaitu mahasiswa diwajibkan mempelajari modul yang sudah di download dari blog Lab internet dasar sebelum pertemuan dimulai. Pertemuan dilakukan sekali dalam seminggu yaitu setiap hari rabu dan sebelum materi dibahas, pengajar terlebih dahulu memberikan soal kepada mahasiswa yang disebut dengan Laporan Pendahuluan atau LP, dalam mengerjakan LP pengajar memberikan waktu ± 15 menit kepada mahasiswa untuk mengerjakan soal dan diberikan kebebasan untuk mencari jawaban dari sumber apa saja selain dari MODUL. Setelah materi di bahas, pengajar kembali memberikan soal kepada mahasiswa yang berhubungan dengan materi atau diskusi yang terjadi selama pembahasan  materi dan jawaban dari soal tersebut di kumpulkan di pertemuan berikutnya yang dinamakan dengan Laporan Akhir atau LA.

Pertemuan Lab Internet Dasar ini, hanya ada 3 kali pertemuan yang diantaranya terdiri dari 2 kali pertemuan untuk membahas materi modul dan 1 kali pertemuan digunakan untuk ujian. Materi yang terdapat di dalam MODUL, meliputi Bab Pengenalan Internet yang terdiri dari ( pengertian Internet, sejarah internet, identitas di internet, koneksi ke internet, ISP, Server Internet, layanan aplikasi di Internet, dan istilah Internet ), Bab mencari informasi di Internet yang meliputi WWW, URL, Web Browser, Search Engine, Portal. Bab Blog, bab ini menjelaskan penegertian dari blog, sejarah bagaimana blog di buat, menjelaskan kelebihan dan kekurangan blog.

Semua materi di bahas secara perlahan sampai mahasiswa mengerti dan mampu untuk menerapkan pada saat menggunakan internet, di dalam setiap pertemuan mahasiswa di uji pengetahuannya dan keberaniannya untuk menjawab soal dari pengajar dengan menjelaskan kepada pengajar dan sesama mahasiswa dengan cara mempresentasikan di hadapan semua orang yang ada di dalam ruangan Lab Internet Dasar. Bonus yang di berikan pengajar kepada mahasiswa yang mampu menjawab soal tersebut maka mahasiswa berhak mendapatkan nilai Max +  atau Max.

Di setiap pertemuan sering terjadi diskusi atau perdebatan antara pengajar dengan mahasiswa yang berhubungan dengan materi ataupun tidak berhubungan dengan materi, hanya berdasarkan pengalaman yang ditemui selama menggunakan Internet. 

 Kesan dan Pesan:
Yang saya sayangkan dari lab internet dasar adalah kurangnya fasilitas internet dan komputer yang kurang memadai jumlahnya. dan juga komputer itu seperti tidak layak pakai. karena pada saat saya memasuki lab internet dasar saya menemukan komputer yang menyala tetapi mousenya tidak ada bola sebagai penunjuk arah dan juga keyboard yang tidak ada, sangat disayangkan,  Padahal dengan tutor yang berkompeten yang bisa mengendalikan kesalahan teknis di lab internet dasar. Tetapi alat yang dipakai didalam ruangan tdak memadai. Padahal ruangannya sudah cukup nyaman dan layak dikatakan sebagai lab yang layak huni atau layak dipakai
Tetapi kekurangan itu tertutupi karena penjelasan yang diberikan oleh tutor saya, browsing internet dari hp saya yang sudah bisa digunakan untuk browsing internet. Tapi kalo difikir lagi kekurangan lab tersebut tidak usah mebuat kita menjadi kecewa atau bosan. Justru dengan kekurangan tersebut kita harus termotivasi untuk bisa mencari menggunakan alat yang ada di sekitar kita seperti HP agar kita bisa gunakan fungsinya dan juga kita harus belajar berkorban karena browsing dengan HP kita pasti mangalami kekurangan pulsa.
Tetapi seharusnya kita tidak usah memikirkan hal tersebut karena semua itu tidak berarti dengan ilmu yang kita dapat saat ini. Karena dengan adanya LABINTDAS (Laboratorium Internet Dasar) kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat, apalagi ini ilmu yang sangat berguna dimasa ini dan selanjutnya. Karena sekarang era globalisasi kita harus bisa menggunakan semua system yang ada saat ini termasuk Internet. Karena apabila kita tidak bisa menggunakan Internet kita bisa saja di cap orag yang gaptek atau gagap teknologi. Oleh karena itu kita harus bersyukur Karena kita masi bisa diberikan kesempatan untuk belajar hal ini di lab ini walaupun banyak kekurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer