Senin, 20 Januari 2014

Jika Aku Menjadi ...



Ini merupakan tugas ketiga dari mata kuliah Etika Profesi Akuntansi (Softskill) yang sebelumnya sudah di upload terlebih dahulu, yang merupakan tugas perkelompok. Sedangkan pada tugas ketiga ini adalah tugas individu untuk mahasiswa dan mahasiswi yang telah di berikan oleh dosen untuk melengkapi tugas pada semester ini.
Tugas ini sebagian kecil dari impian atau cita-cita yang diutarakan pada penulisan di blog ini yang akan dilakukan jika aku menjadi seorang Konsultan SIA/SIM yang tidak melanggar dari aturan-aturan etika profesi akuntasi.
Pada dasarnya tujuan profesi akuntansi adalah memenuhi tanggung jawabnya dengan standar profesionalisme tertinggi, mencapai tingkat kinerja tertinggi dengan orientasi kepada kepentingan publik. Untuk mencapai tujuan tersebut terdapat 4 kebutuhan dasar yang harus terpenuhi :
1.      Kredibilitas. Masyarakat membutuhkan kredibilitas informasi dan sistem informasi;
2.      Profesionalisme. Diperluikan individu yang dengan jelas dapat diidentifikasikan oleh pemakai Jasa Akuntan sebagai profesional di bidang akuntansi;
3.      Kualitas Jasa. Terdapatnya keyakinan bahwa semua jasa yang diperoleh dari akuntan diberikan dengan standar kinerja tinggi;
4.      Kepercayaan. Pemakai jasa akuntan harus dapat merasa yakin bahwa terdapat kerangka etika profesioanal yang melandasi pemberian jasa oleh akuntan.
Aturan Etika yang harus dipatuhi sebagai berikut:
1.       Independensi, Integritas, Obyektivitas;
2.       Standar Umum dan Prinsip Akuntansi;
3.      Tanggung Jawab kepada Klien;
4.      Tanggung jawab kepada Rekan;
5.       Tanggung jawab dan Praktik Lainnya.

Jika aku menjadi Konsultan SIA/SIM diwaktu yang akan mendatang, saya akan berpegang teguh pada aturan-aturan yang berlaku dibidang konsultan yang harus indepensi, obyektif, integritas, bertanggung jawab kepada klien, rekan, dan sebagainya yang saling berhubungan.
Saya sebagai konsultan SIA/SIM bertanggung jawab atas hasil opini saya yang akan diberikan kepada klien dan harus transparansi tentang apapun yang berhubungan. Seiring berjalannya pekerjaan ini ada saatnya para perusahaan yang menginginkan berbuat curang atas pelaporannya, maka saat itu saya akan menolak penawaran yang seperti itu karena penawaran yang di berikan berlawanaan dengan aturan yang ada.
 Jadi jika saya menjadi konsultan SIA/SIM saya akan menjalankan dan melaksanakan tugas-tugas yang ada sesuai dengan ketentuan etika profesi akuntansi dan berusaha agar tidak mengecewakan klien dan bertahan dari tekanan global atu persaingan yang tidak sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer