Kamis, 08 November 2012

Deduktif tidak langsung



 Ø  Kategorial
-      Semua pengendara motor harus menggunakan helm
Mahen adalah pengendara motor
Jadi Mahen harus menggunakan helm.
-      Semua peserta seminar harus datang pukul 07.00 WIB
Mahen adalah peserta seminar
Jadi Mahen harus datang pukul 07.00 WIB.


 Ø  Hipotesis
-      Jika dibakar kertas menjadi abu
Kertas dibakar
Maka kertas menjadi abu.
-      Jika dipanaskan air mendidih
Air dipanaskan
Maka air mendidih.
 Ø  Alternatif
-      Mahen adalah seorang dosen atau mahasiswa
Mahen adalah seorang mahasiswa
Jadi Mahen bukan seorang dosen.
-      Ayah ada di rumah atau di kantor
Ayah ada di kantor
Jadi Ayah tidak ada d rumah.
 Ø  Entimen
-    Mahen harus menggunakan helm karena Mahen adalah pengendara motor.
-    Mahen harus datang pukul 07.00 WIB karena Mahen adalah peserta seminar.
 Ø  Rantai deduksi
-    Saya suka minum susu,
    Karena susu menyehatkan,
    Teman saya menawarkan susu,
    Jadi saya menerima tawaran teman.
-    Saya tida suka buah-buahan,
    Karena tidak enak,
    Teman saya menawarkan buah,
    Jadi saya menolak tawaran teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer